Jumat, 25 Agustus 2017

Tujuan Wisata Alam Pegunungan di Jawa Tengah dan Yogyakarta Paling Favorit

Tujuan Wisata Alam Pegunungan di Jawa Tengah dan Yogyakarta Paling Favorit


Setelah sehari-hari disibukkan dengan berbagai aktivitas yang menguras energi dan juga pikiran, kini saatnya Anda pergi liburan untuk melepaskan penat dan mencari hiburan. Liburan memang bisa ke mana saja, tapi jika tujuan Anda berlibur adalah ingin merefresh pikiran.
 
Wisata alam pegunungan adalah tujuan wisata yang paling cocok. Di tempat seperti ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan tapi juga menyehatkan. Bagaimana tidak? 

Dengan hamparan pemandangan alam berupa hijau-hijauan yang alami akan membuat lingkungan pegunungan menjadi asri dan sejuk. Udara pun segar dan bebas polusi. Ini sangat baik untuk pernapasan Anda. Yang paling penting adalah pertualangan dan tantangannya. 

Wisata Alam Pegunungan di Jawa Tengah dan Yogyakarta Paling favorite


Pegunungan Dieng


1.Pegunungan Dieng, Wonosobo

Jika Anda berniat untuk berwisata di daerah Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mengunjungi pegunungan Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. 

Dalam tempuhan satu perjalanan, Anda dapat menikmati berbagai tempat wisata yang seru seperti Bukit Sikunir, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Warna, Telaga Cebong, Candi Bima, Kawah Candradimuka, Kawah Sileri, Gua Semar, Telaga Menje, dan masih banyak lagi. 

Untuk Anda yang suka mendaki, Gunung Prau layak untuk ditaklukkan. Ketinggian puncaknya memang lumayan pendek yaitu 2.565 mdpl, ini sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali mendaki gunung. 

Di salah satu spot jalur pendakian, Anda akan menemukan area padang rumput hijau yang di sebut Bukit Telebbuies. Spot sangat instagramable dan menjadi favorit pendaki untuk mengabadikan perjalanan pendakian mereka.

Rasanya memang tidak akan cukup untuk mengunjungi semua obyek wisata alam pegunungan Dieng dalam sehari atau dua hari. Jika Anda tidak punya waktu banyak, satu tempat yang mungkin bisa mewakili semua tempat yang ada di Dieng yaitu Dieng Plateau Theatre. Disini Anda akan disuguhi film dokumenter seputar Dieng.


Pegunungan Sewu


2.Pegunungan Sewu, Gunung Kidul, Yogyakarta

Yogyakarta terkenal akan surga objek wisata. Tak heran jika Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Bahkan gaungnya telah lama sampai ke ranah Internasional. 

Bukan saja kaya akan peninggalan-peninggalan bersejarah dan pantai, Yogyakarta memiliki wisata alam pegunungan yang memukau yaitu Pegunungan Sewu. Disebut Pegunungan Sewu karena bentang alamnya yang panjang yang meliputi beberapa kota dari Gunung Kidul, Wonogiri, Pacitan dan Tulungagung Jawa Timur.

Objek wisata yang terkenal di pegunungan ini adalah Kawasan Karst yakni sebuah kawasan yang terbentuk dari proses pelarutan batuan kapur. Karena keunikan bentuk permukaan eksokarst dan endokarst yang membuat para wisatawan penasaran dengan salah satu obyek wisata di Gunung Kidul ini. 

Anda penasaran juga? Silahkan kunjungi Kawasan Karst di Pegunungan Sewu Gunung Kidul. Disini Anda akan disuguhi lembah-lembah yang cantik nan unik dan juga Telaga Karst.


Pegunungan Kendeng


3.Pegunungan Kendeng, Pati

Kabupaten Pati mulai bersinar cerah melalui wisata alam pegunungan yang bernama Pegunungan Kendeng. Daerah berkapur tersebut kini semakin banyak yang disulap menjadi tempat wisata yang seru. 

Tiket masuknya pun murah, hanya Rp. 3000 saja. Trekking menuju perbukitan di kawasan Pegunungan Kendeng tidak terlalu terjal sehingga ramah untuk siapa saja termasuk anak-anak. 

Dengan akses jalan berupa tangga beton, Anda akan merasa nyaman. Di area tanjakan terdapat sejumlah pernak-pernik unyu yang dipasang untuk mempercantik rute sehingga perjalanan akan terasa lebih menyenangkan. 

Anda juga bisa jeprat-jepret untuk mengabadikan momen wisata bersama pasangan maupun teman dan keluarga. Setelah sampai di lokasi puncak, Anda akan disuguhi pemandangan asri yang dijamin akan membuat anda segar dan betah. Rumah-rumah panggung yang ada di pepohonan jati bisa digunakan untuk spot foto yang unik. 

Yogyakarta dan Jawa Tengah memang saling berdekatan. Jika Anda berwisata ke Yogyakarta, akan lebih sempurna jika Anda juga mengunjungi Jawa Tengah. Keduanya memiliki tempat-tempat wisata alam pegunungan yang layak disinggahi untuk mendapatkan ketenangan dan hiburan. 



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon