Selasa, 08 Agustus 2017

Destinasi Liburan Murah di Pulau Jawa

Benteng Vredeburg

Pulau Jawa dikenal dengan beragam destinasi liburan murah dan mempunyai daya tarik wisatawan domestik maupun internasional. Banyak sekali tempat wisata di Pulau Jawa yang telah berhasil menembus pasar pariwisata internasional.

Daya tarik di Pulau Jawa pun beragam tergantung daerahnya dan ini menjadi keunikan tersendiri untuk mengembangkan pariwisata di Jawa. Membentang dari Ujung Kulon hingga ke pesisir timur Jawa di Banyuwangi, objek wisatanya sudah pasti mencapai angka ratusan ribu.

Belum lagi banyak objek wisata local yang masih tersembunyi. Destinasi wisata di Pulau Jawa juga tergolong murah. Berikut ini rekomendasi tempat wisata yang murah di Pulau Jawa.

Jawa Tengah

Di Jawa Tengah, Anda bisa menikmati liburan yang ramah kantong. Biaya akomodasi di Jawa Tengah hampir menyerupai provinsi tetangganya, yaitu Yogyakarta. Rekomendasi destinasi wisata yang murah antara lain adalah Kota Solo.

Dalam suatu riset, Kota Solo merupakan salah satu kota di Indonesia dengan biaya hidup paling murah. Di Solo, Anda bisa mengunjungi wisata yang khas akan sejarahnya. Jika Anda ingin wisata yang berbasis alam seperti pegunungan, air terjun atau bukit-bukit, maka Anda bisa memilih di daerah Magelang dan Wonosobo.

Dataran Tinggi Dieng merupakan destinasi wisata yang tergolong murah dan mudah diakses. Di Magelang sendiri, Anda bisa menikmati pemandangan 3 gunung dan pegunungan yang mengelilingi kabupaten ini. Suasana di Magelang sendiri hampir terasa seperti di Yogyakarta karena merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Pelajar tersebut.

Yogyakarta

Sebagai salah satu destinasi liburan murah di Indonesia yang juga digandrungi banyak wisatawan mancanegara, Yogyakarta pasti tidak asing ditelinga Anda. Kota Pelajar sekaligus Kota Budaya ini menawarkan berbagai macam destinasi wisata.

Wisata edukatif, bangunan bersejarah, bahkan wisata alam pun ada disini. Untuk wisata edukatif, Anda bisa mengunjungi Taman Pintar. Sedangkan untuk bangun bersejarah, Anda bisa mengungjungi Benteng Vredeburg, Museum Affandi bahkan berkunjung ke Keraton Yogyakarta.

Untuk wisata alam, Anda bisa ke pantai, air terjun Sri Gethuk, Taman Buah Mangunan, Hutan Pinus Imogiri dan Gua Pindul. Untuk pantai sendiri, ada banyak pantai yang bisa Anda kunjungi.

Jawa Barat dan Banten

Jawa Barat dan Banten mempunyai banyak destinasi wisata yang ramah kantong. Di Jawa Barat Anda bisa berwisata di daerah Bandung, Cirebon, Bogor dan Ujung Kulon. Cirebon sendiri merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, begitu juga untuk para pelancong.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa yang Anda pilih. Banten sendiri menyuguhkan pantai yang akan membuat Anda betah menikmati liburan. Salah satu destinasi liburan murah di Banten adalah Panaitan.

Jawa Timur

Dikenal dengan provinsi yang sangat luas, ternyata Jawa Timur menyuguhkan berbagai macam wisata murah. Anda bisa memilih jenis wisata yang Anda inginkan. Jika Anda ingin merasakan sensasi terbang, kawasan Batu Malang merupakan tempat yang pas.

Wisata Paralayang sangat terkenal disana. Untuk berwisata di pantai dan menikmati keindahan bawah laut, Anda bisa ke Gresik atau Banyuwangi. Terdapat spot untuk snorkeling, diving, bahkan berselancar. Sedangkan untuk merasakan suasana alam liar, Anda bisa mencoba berwisata ke Taman Wisata Baluran.

Disini, Anda bisa merasakan suasana savanna seperti di Afrika. Salah satu pegunungan di Jawa Timur juga masuk dalam destinasi liburan murah, yaitu Gunung Bromo dan Gunung Ijen untuk menikmati api biru yang langka.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon