Jumat, 21 Juli 2017

Biaya Ke Pulau Seribu Dari Dermaga



Biaya ke Pulau Seribu yang dipatok oleh agen tur akan sangat berbeda dengan biaya jika kita pergi sendirian. Pulau Seribu sendiri merupakan destinasi wisata yang cukup dikenal. 
Akses transportasinya sangat mudah. Ongkos transportasinya sendiri tidak semahal yang dibayangkan. Untuk Anda yang perlu gambaran rincian biaya untuk berlibur ke Pulau Seribu.

Biaya transportasi dari dermaga dan menginap

 

Rincian biaya ke Pulau Seribu yang akan dijabarkan pertama ialah ongkos transportasi dan sewa penginapan. Transportasi ke pulau tersebut bisa ditempuh dengan menggunakan kapal dari dermaga. 
Kapal yang tersedia pun bermacam-macam, seperti kapal tradisional dan kapal feri yang bisa diakses melalui pelabuhan Kaliadem. Jika Anda ingin menggunakan speedboat, Anda bisa mengaksesnya melalui pelabuhan Ancol. 
Harga yang ditawarkan setiap jenis kapal berbeda-beda dan tergantung pulau mana yang ingin Anda tuju. Perlu diketahui bahwa Pulau Seribu atau yang dikenal dengan Kepulauan Seribu terdiri dari banyak pulau. Pulau-pulau yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa dan Pulau Pari. 
Untuk harga di kapal tradisional, biaya untuk ke salah satu pulau tersebut berkisar antara Rp 40,000 hingga Rp 55,000. Sedangkan harga untuk kapal feri lebih murah, yaitu berkisar Rp35,000 hingga Rp 45,000. Harga transportasi kapal untuk kepulangan juga sama. 
Sedangkan untuk akomodasi atau penginapan, Anda bisa temukan penginapan sederhana yang berkisar mulai Rp 200,000 per malam hingga Rp 400,000 per malam untuk pelayanan penuh. Untuk biaya makan sendiri, perharinya Anda bisa merogoh kocek tidak lebih dari Rp 50,000.
Untuk mulai merinci biaya, Anda bisa mulai menghitung dari biaya transportasi pulang pergi dari dermaga, kemudian biaya akomodasi sesuai waktu kunjungan Anda dan biaya makan selama disana. 

Contoh estimasi biaya

 

Perlu diketahui bahwa untuk menentukan estimasi biaya ke Pulau Seribu dimulai dari daerah tempat tinggal Anda. Jika Anda berada di luar Jakarta, tentu nominalnya akan lebih besar. 
Berikut ini contoh estimasi penghitungan biayanya dengan contoh Anda ingin menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam. Kapal (pulang pergi) = Rp 100,000. Kemudian akomodasi selama 2 malam jika menggunakan penginapan dengan harga diatas standar, yaitu Rp 300,000 setiap malam maka total harganya adalah Rp 600,000. Anda bisa memilih akomodasi yang jauh lebih murah. Untuk makan selama 3 hari, Anda bisa perkirakan menghabiskan Rp 100,000. Jika semuanya ditotal, maka jumlahnya adalah Rp 1,000,000 dengan ketentuan bahwa ini belum termasuk ongkos dari kota Anda menuju dermaga. 
Jika Anda berasal dari Yogyakarta, maka setidaknya untuk sampai ke dermaga membutuhkan biaya Rp 200,000 menggunakan bus. Jika harga kepulangan diprediksi sama, maka Anda berarti membutuhkan dana tambahan sebanyak Rp 400,000. Sehingga untuk kasus ini, total biaya yang diperlukan untuk berlibur di Pulau Seribu berkisar antara Rp 1,400,000, termasuk biaya kepulangan. 
Jika Anda tipe backpacker atau orang yang simple dalam urusan berwisata, Anda bisa mendapatkan harga separuhnya. Dengan catatan bahwa Anda menggunakan transportasi murah dan menggunakan akomodasi dengan fasilitas yang sederhana pula. Jika Anda dari Yogyakarta, Anda bisa mencapai pelabuhan di Jakarta dengan harga mulai Rp 100,000. 
Tentu saja ini akan mengurangi estimasi biaya liburan di pulau eksotis tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk meninggikan biaya estimasi agar tidak kesulitan dalam pengeluaran biaya ke Pulau Seribu di hari H. 

Baca Juga :  Tips untuk Trip ke Bandung Murah

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon