Kamis, 04 Agustus 2016

4 Hal yang Harus Dilakukan Jika ASI Tidak Keluar

4 Hal yang Harus Dilakukan Jika ASI Tidak Keluar
KabarTerbaru24.com-4 Hal yang Harus Dilakukan Jika ASI Tidak Keluar,Penelitian terbaru membuktikan bahwa 9 dari 10 wanita ingin sekali menyusui bayinya setelah melahirkan. Sayangnya, keinginan dan harapan itu sering kali tidak sesuai kenyataan. Anda pun merasa kecewa dan tidak jarang menyerah, karena ASI yang keluar hanya sedikit. Padahal, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar ASI mengalir lancar, seperti berikut ini.

1. Menyusui Sesering mungkin
Menyusui Si Kecil dipercaya dapat memperlancar ASI. Jangan lupa untuk memerhatikan pelekatan yang Anda lakukan, pastikan mulutnya 'menangkap' seluruh areola Anda. Susui Si Kecil sesering yang ia minta, agar produksi ASI bertambah.

2. Power Pumping

Power pumping merupakan teknik memompa ASI dengan meniru cara menyusu bayi ketika mengalami growth spurt. Ia akan menyusu lebih sering dari biasanya dan ini ampuh untuk meningkatkan produksi ASI. Lakukan power pumping pada malam hari sekitar pukul 00.00-05.00. Jika Anda menggunakan double pump, lakukan pola 20 menit pompa, 10 menit istirahat, 10 menit pompa, 10 menit istirahat, dan seterusnya selama 1 jam.

3. Konsumsi makanan bergizi

Peningkatan produksi ASI juga harus didukung dengan konsumsi makanan bergizi. Sayuran hijau seperti daun katuk, bayam, kacang panjang, daun pepaya, dan pare dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Jangan lupa untuk makan buah setiap harinya, karena vitamin yang terkandung dalam buah baik untuk Si Kecil.

4. Ahli Laktasi
Hubungi ahli laktasi jika ASI Anda belum juga keluar setelah melakukan 3 hal di atas. Ahli laktasi akan memberikan jalan keluar yang tepat, seperti mengajarkan pelekatan, memberitahu beragam posisi menyusui yang nyaman, serta tips untuk memompa ASI.







baca juga : 8 Cara Turunkan Risiko Sakit Jantung


Source : mother and baby indonesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon