Rabu, 15 Juni 2016

Trik Jitu Meningkatkan Penjualan

Kabarterbaru24.com | Trik Jitu Meningkatkan Penjualan - Aktifitas lokal marketing tidak dinafikan mampu melonjakkan omset franchisee. Bahkan, bukan hal yang mustahil franchisee tersebut langsung untung di bulan pertama.


Tentu dengan catatan, lokal promotion tersebut tepat. Bagi Anda sebagai seorang franchisee,pastinya dituntut keberanian untuk merogoh kocek guna melakukan lokal promotion yang jitu tanpa harus menunggu campur tangan franchisor. Sebab, jelas hal ini akan berdampak baik bagi kelangsungan bisnis Anda.
Dari amatan saya setidaknya ada 10 langkah yang bisa franchisee lakukan guna meningkatkan penjualan outletnya. Berikut sepuluh langkah yang bisa Anda jalankan sebagai cara meningkatkan penjualan bisnis gerai franchisee:

  1. Petakan persaingan kekuatan dan kelemahan dari berbagai merek pesaing dan merek Anda sendiri. Hal ini sangat penting sebagai titik awal informasi yang dapat digunakan untuk rencana pemasaran Anda.
  2. Dari hasil informasi tersebut tulis rencana aksi pemasaran dengan Time Table yang lengkap. Tentukan target pendapatan, biaya yang akan keluar, penanggung jawab, target profit, dll. Lakukan test dan ukur dari setiap aksi yang dilakukan.
  3. Buatlah kartu member untuk mendata pelanggan Anda, sehingga Anda akan dengan mudah memberikan berbagai program promo menarik untuk meningkatkan penjualan sekaligus memberikan service terbaik.    
  4. Bergabunglah dengan berbagai komunitas bisnis setempat yang mampu memberikan network dan memberikan peluang untuk kemajuan usaha Anda.
  5. Buatlah program donasi untuk menyumbang ke berbagai instansi sosial yang membutuhkan. Contoh: Setiap pelanggan Anda berbelanja dengan nilai tertentu maka sudah termasuk menyumbangkan ke instansi sosial tersebut.
  6. Perkenalkan bisnis Anda ke berbagai media di daerah Anda. Cobalah untuk mendapatkan wawancara di radio lokal atau media lokal setempat. Lakukan komunikasi secara berkala dengan memberikan Press Conference atauPresss Release.
  7. Gunakan media sosial dan website untuk menghasilkan lebih banyak pelanggan. Jika Anda dapat menggunakan Facebook dan Twitter untuk mempromosikan bisnis Anda ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.
  8. Memberikan program penghargaan khusus atau insentif untuk pelanggan Anda yang membawa pelanggan baru ke tempat Anda atau biasa disebut referal.        
  9. Buatlah promosi khusus atau harga yang menarik bagi pelanggan Anda, sesuaikan dengan tema-tema yang sedang menarik perhatian masyarakat
  10. Lakukan program bertukar customer, artinya Anda dapat membuat program kerjasama dengan usaha lain disekitar Anda dengan kerjasama yang saling menguntungkan. Contoh: Setiap pelanggan usaha lain akan mendapat potongan harga tertentu jika berbelanja di outlet Anda, begitu juga sebaliknya.   
Namun perlu dicatat bahwa, mengelurkan aktifitas promosi jelas sebuah biaya, dengan perhitungan cermat tentu aktifitas tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan penjualan bisnis Anda.
Dan dengan menerapkan tips tersebut Anda akan memiliki kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Selamat Mencoba & Berbisnis!

source : [plasafranchise.com]

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon