Jumat, 10 Juni 2016

Hari Media Sosial

MEDIA sosial semakin mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Kenapa? Karena, dengan aktif di media sosial maka siapa pun seperti bisa memiliki media sendiri, tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Belum banyak yang tahu, tanggal 10 Juni besok merupakan Hari Media Sosial Nasional.
hari media sosial

Ide tanggal 10 Juni sebagai Hari Media Sosial itu datang dari seorang pakar manajemen dan pemasaran, Handi Irawan D, yang sukses memprakarsai sejumlah penghargaan populer di Indonesia. Hari Marketing Indonesia dan Hari Pelanggan Nasional, juga merupakan ide sang inspirator andal ini. Hari Media Sosial berlaku sejak tahun 2015.
Kenapa perlu Hari Media Sosial? Selama ini, menurut Handi Irawan, penggunaan media sosial di Indonesia sangat tidak terkendali. Siapa pun tinggal memilih jenis media sosial. Ada Facebook, Twitter, Instagram, Blog, Path, LinkedIn, Youtube, dan sebagainya. Siapa pun bebas mengedit, menambahkan, memodifikasi tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai jenis konten lainnya.
Sebagaimana data terbaru dari Kemeninfo, pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta pengguna. Dari jumlah itu, 79 juta di antaranya merupakan pengguna media sosial aktif. Angka yang tidak mengherankan, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara teraktif di media sosial.
Melalui media sosial, siapa pun biasa yang saling berbagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berpikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan siapa pun merasa sebagai dirinya sendiri.
Iya, selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding. Ada sisi positif di satu sisi, tetapi ada juga sisi negatif di sisi lain.
Apa pun, memang perlu ada edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan media sosial. Media sosial bisa berdampak positif bagi kehidupan individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara; selain penting sebagai media komunikasi untuk dunia usaha‎ dalam meningkatkan citra merek dan perusahaan.
Selain dampak positif, perkembangan media sosial juga berpotensi mendatangkan dampak negatif. Oleh siapa pun, media sosial bisa digunakan untuk tujuan negatif atau sikap dan perilaku yang tidak tepat. Pada peringatan hari Media Sosial, setiap masyarakat atau pelaku usaha dapat menyampaikan berita yang baik-baik kepada anggota keluarga, kawan, komunitas, atau juga untuk para pelanggannya.
Melalui peringatan Hari Media Sosial, siapa pun diingatkan untuk berinternet secara positif. Apa saja yang bisa Anda sampaikan melalui media sosial? Anda bisa menyampaikan kata-kata, cerita atau gambar yang memotivasi, menginspirasi, membangkitkan kasih sayang dan ajakan untuk membuat kehidupan yang lebih baik, bukan justru menyemai bibit pertikaian. Mudah-mudahan! ( * )
source : poskotanews.com Oleh : Harmoko

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon